...

Apakah yang dimaksud dengan kronologi dan anakronisme dalam sejarah

Apakah yang dimaksud dengan kronologi dan anakronisme dalam sejarah?

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah: kronologi merupakan urutan waktu dari berbagai kejadian atau peristiwa sedangkan anakronisme adalah kesalahan dalam penyusunan kronologi serta penempatan peristiwa yang tidak sesuai dengan waktu yang semestinya.

Simak penjelasan berikut ya!

Kronologi merupakan urutan waktu dari berbagai kejadian atau peristiwa. Dalam sejarah, kronologi digunakan dalam penyusunan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan urutan waktu kejadiannya, dari awal hingga akhir.

Hal tersebut dilakukan supaya peristiwa sejarah makin mudah dipahami dan dipelajari, karena sudah diurutkan, sehingga rangkaian peristiwa tersebut menjadi satu kesatuan utuh. Sedangkan anakronisme merupakan kesalahan dalam penyusunan kronologi serta penempatan peritiwa yang tidak sesuai dengan waktu yang semestinya.

Dalam ilmu sejarah, anakronisme dikatakan berbahaya karena dapat mengubah kebenaran suatu peristiwa sejarah dan memunculkan kesalahpahaman.

Jadi, kronologi merupakan urutan waktu dari berbagai kejadian atau peristiwa sedangkan anakronisme adalah kesalahan dalam penyusunan kronologi serta penempatan peristiwa yang tidak sesuai dengan waktu yang semestinya.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :