Berikut ini yang termasuk konsep berpikir dalam sejarah adalah

Dalam mempelajari sejarah, kita memerlukan konsep berpikir yang tepat. Berikut ini yang termasuk konsep berpikir dalam sejarah adalah ….

A. monokronik dan kronik
D. polikronik dan sinkronik
B. kronik dan monokronik
E. monokronik dan diakronik
C. sinkronik dan diakronik

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah C. Sinkronik dan diakronik

Untuk lebih jelasnya, simaklah pembahasan berikut ini :

Sejarah mempunyai dua konsep berfikir yaitu konsep berifikir sinkronik dan diakronik. Konsep berfikir sinkronik merupakan konsep berfikir yang dimikili oleh ilmu-ilmu sosial. Secara etimologi, sinkronik berasal dari kata “sin” yang berarti dengan, dan “chronos” yang berarti waktu, sehingga sinkronik berarti konsep berfikir dalam kurun waktu yang singkat, namun meliputi aspek ruang yang lebih luas.

Konsep berfikir sinkronik dapat dikatakan pula sebagai konsep berfikir yang melebar dalam ruang. Misalnya, Kondisi ekonomi Indonesia pada awal kemerdekaan, maka fokus pembahasan peristiwa sejarah tersebut adalah aspek ekonomi.

Cara berfikir diakronik merupakan konsep berfikir yang khas dimiliki oleh ilmu sejarah. Secara etimologi, diakronik berasal dari kata “dia” yang berarti melalui atau melampaui serta “chronos” yang berarti waktu, sehingga diakronik berarti melalui atau malampaui batasan waktu.

Dapat dikatakan konsep diakronik berarti konsep berfikir yang memanjang dalam waktu. Misalnya, Masa penjajahan Jepang di Indonesia pada tahun 1942-1945. Contoh tersebut menunjukkan bahwa waktu dalam peristiwa antara tahun 1942 hingga 1945.

Dengan demikian, konsep berfikir yang dimiliki sejarah adalah sinkronik dan diakronik

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Jelaskan Apa Dampak Jatuhnya Kerajaan Malaka ke Tangan Portugis?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :