Jelaskan mengenai sejarah perdagangan VOC

Jelaskan mengenai sejarah perdagangan VOC!

Jawaban

Sejarah VOC bermula ketika Parlemen Belanda mengusulkan dibentuknya sebuah kongsi dagang untuk menghindari persaingan antar pedagang Belanda, dan mampu mengalahkan persaingan dengan pedagang dari negara lain. VOC dibentuk tanggal 20 Maret 1602, dan resmi dibubarkan tanggal 31 Desember 1799.

Persaingan dagang yang terjadi di wilayah Nusantara kala itu tidak hanya terjadi antar pengusaha Belanda, namun mereka juga harus bersaing dengan pengusaha dari negara lain yang ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kenyataan ini mendapat perhatian khusus dari pihak pemerintah dan parlemen Belanda, karena persaingan antarkongsi Belanda dan juga diluar kongsi Belanda akan membawa kerugian bagi Kerajaan Belanda. Pada 1598, parlemen Belanda (Staten Generaal) mengusulkan perusahaan yang saling bersaing itu digabung menjadi sebuah kongsi dagang.

Hingga pada 20 Maret 1602 dibentuklah Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC).Enam wilayah di Belanda punya perwakilan/majelis di VOC. Setiap majelis punya sejumlah direktur. Jumlah direktur ada 17 dan disebut sebagai De Heeren XVII (Tuan-tuan tujuh belas). Amsterdam sebagai ibu kota punya peranan yang sangat besar.

Markas VOC juga terletak di Amsterdam. Oleh karena itu Amsterdam dapat jatah delapan dari 17 direktur. VOC dianggap sebagai organisasi multinasional pertama, hal ini disebabkan karena anggotanya tidak hanya berasal dari bangsa Belanda, tetapi juga berasal dari Jerman, Belgia dan beberapa bangsa Eropa lainnya.

Selain itu, VOC juga perusahaan pertama yang menerapkan sistem bagi saham bagi para anggotanya. Kejayaan VOC terjadi pada abad ke 17 hingga awal 18. VOC mulai merosot ketika pada 1749, Parlemen Belanda mengeluarkan undang-undang yang menetapkan bahwa Raja Willem IV sebagai penguasa tertinggi VOC.

Sehingga anggota pengurus yang sebelumnya dipilih oleh parlemen dan pemegang saham, menjadi tanggung jawab sepenuhnya raja. Raja juga menjado panglima tertinggi tentara VOC. Pengurus mulai memikirkan kekayaan untuk diri dan melupakan kewajiban terhadap para pemegang saham.

Selain memperkaya diri sendiri, para pejabat VOC mulai menunjukkan sikap gila hormat dan cenderung feodalis. Karena kondisi internal VOC yang mulai kacau, semakin banyak anggota yang korupsi dan gila hormat, pada tanggal 31 Desember 1799 VOC resmi bubar. Hutang VOC segera diambil alih oleh pemerintah Belanda.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :