Pusat Kerajaan Tarumanegara berada di daerah

Pusat Kerajaan Tarumanegara berada di daerah …

A. tepi sungai Brantas, Kediri
B. tepi sungai Bengawan Solo, Surakarta
C. sekitar Bekasi, Jawa Barat
D. sekitar Trowulan. Mojokerto

Jawaban

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Poin C yaitu Sekitar Bekasi, Jawa Barat.

Untuk penjelasan lebih lanjut,silahkan simak penjelasan dibawah ini ya!

Wilayah Ibukota dari kerajaan Tarumanegara diperkirakan berada disekitar wilayah Sungai Chandrabhaga yang sekarang menjadi wilayah administari dari Kota Bekasi. Berdasarkan isi Prasasti Tugu yang ditemukan di daerah Tugu, Cilincing Jakarta, diketahui bahwa Raja Purnawarman memerintahkan untuk menggali sebuah sungai sampai ke wilayah istananya.

Penggalian yang diperintahkan oleh Purnawarman tersebut dimaksudkan untuk menghindari banjir yang kerap melanda wilayah kerajaan Tarumanegara ketika musim hujan tiba. Selain itu juga penggalian dapat mengairi sawah dan ladang disekitar wilayah kerajaan.

Sungai yang dibuat oleh masyarakat Kerajaan Tarumanegara diberinama Chandrabhaga. Kata Bekasi sendiri dipercaya berasal dari kata Candrabhaga, “candra” berarti bulan dan “bhaga” berarti bagian. Penyebutan Candrabhaga berubah menjadi Bhagasasi.

Kedua kata tersebut sering dilafalkan dengan disingkat “bhasi” yang kemudian berubah menjadi “Bekasi”. Sungai Candrabhaga atau kali Bekasi diduga merupakan salah satu pusat Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat, karena Sungai tersebut mengalir ke wilayah Istana kerajaan dan tembus hingga ke Pantai Utara Jawa yang diperkirakan dulunya merupakan jalur perdagangan dari Kerajaan Tarumanegara

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :