Bapak Ir Sukarno pernah dipenjara oleh Belanda di

Siapa yang tidak mengenal Ir. Sukarno, beliau adalah bapak presiden pertama Indonesia , bapak proklamator .dan salah satu dari oendiri Negara. Beliau berjuang demi bangsa dsab Negara ini untuk mencapai kemerdekaan. Bapak Ir Sukarno pernah dipenjara oleh Belanda di….

a.Bandung
b.Badung
c.Bali
d.Banyuwangi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A. Bandung

Ir. Soekarno merupakan tokoh nasional yang aktif dalam perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Kiprah Soekarno sebagai aktivis dimulai sejak masa pergerakan nasional dengan mendirikan sebuah organisasi bernama Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tahun 1927.

Orientasi perjuangan PNI bersifat antikolonialisme dan non-kooperatif. PNI juga sering memberikan kritik terhadap jalannya pendudukan Belanda di Indonesia. Dampak dari aktivitas Soekarno di PNI tersebut harus membuatnya ditangkap dan dijebloskan ke penjara.

Dalam perkembangannya, Soekarno tidak hanya sekali dijebloskan ke penjara. Soekarno pernah dijeblokaskan oleh pemerintah Hindia Belanda ke beberapa penjara, seperti di penjara Banceuy (Bandung), Sukamiskin (Bandung), Ende (NTT), hingga Bengkulu.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :