contoh sikap patriotisme bidang politik dan ekonomi

contoh sikap patriotisme bidang politik dan ekonomi

Jawaban

Contoh sikap patriotisme di bidang politik adalah dengan menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, mendukung dan menjalankan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, serta melaksanakan nilai-nilai pancasila dan konstitusi.

Sedangkan contoh sikap patriotisme di bidang ekonomi adalah dengan mendukung produk ciptaan dalam negeri, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, tidak melakukan politik monopoli dan menumpuk barang untuk keuntungan individu, dan lain sebagainya.

Sikap patriotisme adalah semangat cinta tanah air seseorang terhadap negerinya dan rela berkorban serta pantang menyerah demi kejayaan dan kemakmuran bangsa dan negaranya. Sikap patriotisme dapat diterapkan dibeberapa sektor kehidupan manusia, mulai dari sektor ekonomi, hukum, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan tempat tinggal.

Seseorang yang tidak memiliki sikap patriotisme di bidang ekonomi adalah seseorang yang bangga menggunakan produk-produk luar negeri dan menimbun belanjaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan hidupnya.

Seseorang yang tidak memiliki sikap patriotisme di bidang politik adalah acuh terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, enggan melaksanakan nilai pancasila dan konstitusi di kehidupan, dan tidak ingin menjaga serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai siswa tugas kita dalam menumbuhkan sikap patriotisme di lingkungan sekolah dapat menerapkan beberapa hal, yaitu mengikuti upacara sekolah, memahami dan menghayati makna dari lagu perjuangan, menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan, belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, serta mengikuti kegiatan organisasi di lingkup sekolah

Jadi contoh sikap patriotisme di bidang politik adalah dengan menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, mendukung dan menjalankan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, serta melaksanakan nilai-nilai pancasila dan konstitusi.

Sedangkan contoh sikap patriotisme di bidang ekonomi adalah dengan mendukung produk ciptaan dalam negeri, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, dan tidak melakukan politik monopoli dan menumpuk barang untuk keuntungan individu.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :