Fosil-fosil manusia purba yang ditemukan di Kepulauan Indonesia dengan daratan Asia menunjukkan

Fosil-fosil manusia purba yang ditemukan di Kepulauan Indonesia dengan daratan Asia menunjukkan ….

A. banyak perbedaannya
B. banyak persamaan
C. kesamaan yang persis
D. memiliki beberapa persamaan
E. tidak memiliki persamaan

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah D. memiliki beberapa persamaan

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Fosil manusia purba banyak ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, namun terdapat pula fosil yang ditemukan di daratan Asia, dimana beberapa karakteristik memiliki beberapa persamaan. Contohnya ialah Sinanthropus Pekinensis.

Para ahli mengungkap bahwa Sinanthropus Pekinensis dapat dikaitkan dengan Pithecanthropus erectus yang ditemukan di Indonesia. Hal ini berdasarkan bahwa penemuan-penemuan bekas-bekas manusia ini banyak ditemukan alat-alat dari batu yang sama dengan peralatan batu di Pacitan. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa manusia purba ini berkebudayaan sama dengan Kebudayaan Pacitan.

Tentunya kebudayaan masih sederhana dengan penggunaan perkakas batu dan tulang, namun mereka telah mengenal api. Ciri-ciri manusia ini antara lain memiliki volume otak 1.200-1.300 cc, hampir sama dengan volume otak manusia modern hari ini. Ciri lainnya ialah tulang tengkorak sangat tebal, memiliki dahi kecil, lalu langit-langit mulut yang besar dan rahang yang kokoh dan tidak berdagu.

Dengan demikian, fosil-fosil manusia purba yang ditemukan di Kepulauan Indonesia dengan daratan Asia menunjukkan memiliki beberapa persamaan.

Pertanyaan Terkait:

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :