Dampak dari Agresi Militer Belanda I bagi negara di dunia

Dampak dari Agresi Militer Belanda I bagi negara di dunia

Jawaban

Jawaban: Negara-negara di dunia menyadari pentingnya kemanusiaan dan dukungan bagi negara yang sedang berjuang.

Untuk lebih jelasnya yukk pahami penjelasan berikut ini

Agresi Militer Belanda I merupakan upaya penguasaan kembali oleh Belanda terhadap Indonesia. Belanda masih menganggap Indonesia sebagai negara jajahannya dan belum cukup umur untuk menjadi sebuah negara berdaulat.

Serangan tersebut ditunjukkan sebagai upaya mengatasi keamanan di Indonesia, namun bagi rakyat merupakan usaha penyerangan. Agresi ini berlangsung dari 21 Juli hingga 5 Agustus 1947, Belanda berhasil menguasai beberapa sektor penting di Jawa dan Sumatera.

Agresi ini tentu ditentang oleh negara-negara di dunia, mereka mengecam Belanda dan menuntut segera diadakan perundingan. Akhirnya, akibat dari Agresi Militer Belanda I diadakanlah perundingan Renville. Agresi ini menyadarkan negara-negara di dunia bahwa segala bentuk penjajahan adalah hal yang salah.

Para penjajah hanya akan berusaha merampas hak kemerdekaan yang dimiliki setiap negara dan penderitaan bagi rakyat yang menjalani praktik penjajahan.

Dengan demikian, dampak dari Agresi Militer Belanda I bagi negara di dunia adalah kesadaran negara-negara di dunia untuk mendukung mengenai hak kemanusiaan dan kemerdekaan negara lain.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :