Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan

Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan?

Jawaban

Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Pertempuran tersebut mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban yang kebanyakan warga sipil. Sekitar 150.000 orang saat itu harus pergi meninggalkan kota Surabaya dan tercatat juga sekitar 1.600 tentara Inggris tewas dalam pertempuran tersebut.

Dari pertempuran tersebut banyak warga Surabaya yang ikut dalam pertempuran rela menjadi korban demi membela Tanah Air. Semangat juang masyarakat Surabaya tak bisa dikendalikan membuat tentara Inggris kewalahan menghadapinya, sehingga kota Surabaya dikenang dengan sebutan Kota Pahlawan.

Oleh sebab itu setiap tanggal 10 November diperingati sebagai HARI Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang.

Jadi, Tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan, sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang, karena pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :