Candi Borobudur merupakan akulturasi kebudayaan Buddha dengan kebudayaan Indonesia. Kebudayaan asli Indonesia tampak dalam wujud

Candi Borobudur merupakan akulturasi kebudayaan Buddha dengan kebudayaan Indonesia. Kebudayaan asli Indonesia tampak dalam wujud ….

a. patung-patung yang ada
b. bangunan megalitikum
c. punden berundak
d. stupa
e. relief

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah yang c. punden berundak.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Candi Borobudur adalah candi bercorak Budha yang didirikan oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra pada abad ke-9 M. Candi ini dibangun di antara dua bukit yang letaknya ada di Desa Borobudur, kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Pada dasarnya bentuk bangunan candi Borobudur merupakan hasil akulturasi kebudayaan Buddha dengan kebudayaan Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari bentuk bangunan yang menyerupai punden yang berundak-undak atau bertingkat-tingkat.

Enam tingkat di bagian bawah berbentuk bujur sangkar, yang setiap sisinya dibuat berliku dengan tonjolan-tonjolan sudut. Sehingga memberi kesan sebagai bangunan bersegi banyak. Tingkat tingkatan di atasnya berbentuk lingkaran, dihiasi dengan sejumlah stupa.

Sedangkan pada tingkat di atasnya dan di pusat didirikan sebuah stupa induk besar berdiameter 9,90 meter dan tinggi 7 meter. Stupa induk berfungsi sebagai pusat dan puncak bangunan Borobudur menjadi tingkat yang ke-10.

Dengan demikian, Candi Borobudur merupakan akulturasi kebudayaan Buddha dengan kebudayaan Indonesia. Kebudayaan asli Indonesia tampak dalam wujud punden berundak.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :