Agama Islam mudah berkembang di Indonesia. Berikut ini yang bukan faktor pendorongnya adalah

Agama Islam mudah berkembang di Indonesia. Berikut ini yang bukan faktor pendorongnya adalah ….

a. agama Islam mengenal kasta
b. syarat-syarat untuk masuk Islam sederhana
c. upacara dalam agama Islam sangat rumit
d. agama Islam disesuaikan dengan adat istiadat
e. runtuhnya kerajaan Majapahit

Jawaban

Jawaban yang tepat ada dua yaitu yang A dan C

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M dan proses mulai berkembang pada abad ke-13 yang ditandai dengan berdiri kerajaan islam Samudera Pasai. Sebelum Islam masuk ada kebudayaan yang mendominasi Indonesia, yaitu Hindu dan Budha. Proses masuk dan berkembangnya Islam berlangsung secara damai dan perlahan-lahan sehingga dapat dengan mudah diterima masyarakat.

Faktor yang mendorong Islam mudah berkembang di Indonesia adalah :

1. Syarat-syarat untuk masuk Islam sederhana

Ajaran Islam sangat sederhana, setiap orang yang mau masuk ke dalam agama Islam hanya diberi syarat membaca syahadat. Lalu dalam Islam tidak ada sistem kasta yang memberikan diskriminasi dan kesenjangan sosial dan tidak ada upacara/ritual yang memakan biaya.

2. Agama Islam disesuaikan dengan adat istiadat

Penyebaran Islam dilakukan dengan pendekatan pada masyarakat setempat dan menggunakan unsur-unsur budaya. Contohnya, para Walisanga di Jawa mendirikan pondok pesantren sebagai pusat studi Islam dan tempat pemberdayaan masyarakat, ada juga cara dakwah lewat seni pertunjukan wayang, dimana wayang adalah tradisi orang hindu jawa kuno.

3. Islam tidak mengenal kasta atau tingkatan golongan sosial. Karena dalam Islam, setiap orang memiliki derajat yang sama, dan kitab suci umat muslim bisa dipelajari dan dibaca oleh semua umat muslim.

4. Runtuhnya kerajaan Majapahit

Majapahit runtuh pada abad ke 15 M, yang salah satunya diakibatkan serangan dari Kerajaan Islam Demak yang merupakan kerajaan Islam pertama di Jawa. Sejak Majapahit runtuh, Islam di Jawa semakin berkembang dengan pesat.

Dengan demikian, yang bukan faktor pendorong adalah agama Islam mengenal kasta dan upacara dalam agama Islam sangat rumit

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :