Bagaimana kepercayaan asli Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan Buddha

Bagaimana kepercayaan asli Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan Buddha? Jelaskan.

Jawaban

Kepercayaan asli Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan Buddha adalah berakulturasi atau menyatu dengan kebudayaan pendatang Hindu-Budha.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Kepercayaan asli Indonesia adalah Roh Nenek Moyang atau kepercayaan terhadap nenek moyang, Animisme atau kepercayaan pada fenomena ghaib yang dikaitkan dengan leluhur, Dinamisme atau kepercayaan bahwa segala sesuatu (benda) mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup, Totemisme atau kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural dan Monoisme atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Semua sistem kepercayaan asli Indonesia yang pernah ada dan berkembang setelah masuknya ajaran dan kebudayaan Hindu-Budha sebagai kebudayaan pendatang dari India ialah berakulturasi dengan kebudayaan baru tersebut.

Hal itu pula yang membuat praktik budaya Hindu-Budha di Indonesia berbeda dengan wilayah asalnya karena kaya akan budaya asli nenek moyang. Kebudayaan asli Indonesia tidak hilang dan bahkan masih ada hingga saat ini, hanya saja pengaruhnya berkurang dan tidak mendominasi lagi.

Dengan demikian, kepercayaan asli Indonesia setelah masuknya agama Hindu dan Buddha adalah berakulturasi atau menyatu dengan kebudayaan pendatang Hindu-Budha.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :