Sejarah juga termasuk seru. Hal tersebut menunjukkan jika sejarah dalam penulisannya

Sejarah juga termasuk seru. Hal tersebut menunjukkan jika sejarah dalam penulisannya

a. melibatkan seniman dalam memahami sejarah
b. sumber penting dalam pembuatan film atau drama
c. merupakan sumber pembuatan film dokumenter
d. memiliki alur atau jalan cerita yang menggerakkan emosi penelitiannya
e. merupakan basil imajinasi, emosi, dan gaya bertutur para pelaku sejarah

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah E. merupakan hasil imajinasi, emosi, dan gaya bertutur para pelaku sejarah

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Sejarah sebagai seni ialah berkaitan dengan bagaimana sebuah peristiwa atau kisah tersebut ditulis. Dimana sejarawan harus memiliki Imajinasi, Emosi dan Gaya bahasa yang baik. Berkaitan dengan imajinasi, dengan hal tersebut maka sejarawan dapat menggambarkan tentang kejadian yang berlangsung pada suatu waktu dan tentunya berdasarkan fakta. Fakta tersebut menjadi landasan sejarawan untuk berimajinasi.

Namun dengan hal tersebut, terdapat batasan imajinasi dalam sejarah yaitu dengan tidak menghilangkan data historis, dan lebih menekankan analisisnya. Imajinasi dalam sejarah lebih ditekankan kepada upaya penggambaran dan membayangkan peristiwa yang telah terjadi secara utuh. Lalu emosi yang merupakan luapan perasaan yang berkembang dan masuk ke dalam penulisan sejarah.

Kemudian berkaitan dengan gaya bahasa ialah cara sejarawan dalam mengolah kata menjadi lebih hidup sehingga pembaca terkesan dapat mengikuti alur cerita dengan secara nyata.

Dengan demikian, Sejarah juga termasuk menyenangkan atau seru karena sejarah merupakan hasil imajinasi, emosi, dan gaya bertutur para pelaku sejarah.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :