Jelaskan bagaimana peran Wali Songo dalam proses Islamisasi di Jawa

Jelaskan bagaimana peran Wali Songo dalam proses Islamisasi di Jawa ?

Jawaban

Wali Songo menyebarkan Islam di Jawa melalui pendekatan budaya masyarakat Jawa.

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Cara yang dilakukan oleh walisongo dalam menyebarkan agama Islam sangat menarik. Mereka menggunakan metode-metode yang memudahkan ajaran Islam diterima oleh masyarakat luas dari berbagai golongan. Mereka menggunakan pendekatan kebudayaan untuk memperkenalkan Islam kepada masyarakat.

Salah satu contoh Islamisasi melalui budaya dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga memperkenalkan bentuk wayang yang terbuat dari kulit kambing atau biasa dikenal sebagai wayang kulit. Saat berdakwah dengan menggunakan wayang kulit.

Sunan Kalijaga mengganti cerita wayang yang sebelumnya tentang Ramayana dan Mahabarata dari cerita ajaran Hindu diubah dengan memasukan cerita-cerita Islam. Bahkan, Sunan Kalijaga juga mengarang sebuah tembang Jawa yang sangat terkenal sampai saat ini, yaitu Ilir-Ilir.Oleh karena pendekatan budaya inilah, Islam di Jawa diterima dengan damai dan mudah oleh masyarakatnya.

Berdasarkan pemaparan di atas menggambarkan peranan Wali Songo yaitu menyebarkan Islam di Jawa melalui pendekatan budaya.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :