Kaisar Meiji memimpin perubahan yang cepat di Jepang, dari pemerintahan Shogun yang feudal menjadi kekuatan besar dunia. Kata Meiji sendiri berarti

Kaisar Meiji memimpin perubahan yang cepat di Jepang, dari pemerintahan Shogun yang feudal menjadi kekuatan besar dunia. Kata Meiji sendiri berartiā€¦

a. kekuasaan pencerah
b. keutamaan bangsa
c. keunggulan nasional
d. kekuasaan perubahan
e. revolusi cara berpikir

Jawaban

Jawabannya A. kekuasaan pencerah

Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut.

Restorasi Meiji adalah berakhirnya kekuasaan shogun serta pengembalian kekuasaan kembali ke tangan Kaisar. Kata Meiji berarti kekuasaan pencerahan dan pemerintah waktu itu bertujuan menggabungkan “kemajuan Barat” dengan nilai-nilai “Timur” tradisional.

Restorasi Meiji yang terjadi pada abad ke-19 terjadi pada masa Kaisar Mutsuhito atau dikenal dengan nama Kaisar Meiji. Hal ini merupakan langkah awal menuju modernisasi Jepang.

Restorasi yang dijalankan Meiji diantaranya dalam bidang sosial dengan menghapus sistem feodalisme, mengirimkan para pemuda dan pelajar keluar negeri, terutama ke negara-negara Barat untuk menimba ilmu di sana.

Dibidang ekonomi, Jepang membangun sarana dan prasarana ekonomi, seperti membangun industri-industri, jalan-jalan, jaringan transportasi, dan lain sebagainya. Bidang militer dengan meniru sistem militer Jerman dan Prancis.

Oleh karena itu, kata Meiji berarti kekuasaan pencerah.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :