Pelaksanaan politik apartheid tampak pada penguasaan wilayah afrika selatan oleh golongan kulit putih. keterangan yang tepat mengenai kebijakan pembagian wilayah tersebut adalah

Pelaksanaan politik apartheid tampak pada penguasaan wilayah afrika selatan oleh golongan kulit putih. keterangan yang tepat mengenai kebijakan pembagian wilayah tersebut adalah ….

a. golongan kulit hitam menguasai 87% wilayah negara
b. golongan kulit putih memperoleh 13% wilayah negara
c. golongan kulit hitam menguasai lahan di pinggiran kota
d. golongan kulit putih menguasai pusat industri dan tambang
e. golongan kulit hitam memperoleh lahan hutan dan pertanian

Jawaban

Jawaban adalah d. golongan kulit putih menguasai pusat industri dan tambang.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada awalnya di tahun 1962 , bangsa boer (Belanda) mulai menjajah Afrika Selatan untuk menguasai sumber daya alamnya, namun keberadaan bangsa boer terganggu karena kedatangan bangsa Inggris untk tujuan yang sama. Terjadilah Perang Boer (1899-1902) yang dimenangkan pihak Inggris.

Selanjutnya Inggris mendirikan Union of South Africa (negara dominion Inggris). Dengan adanya Union of South Africa, maka suku asli yang sudah lebih dulu mendiami Afrika Selatan mengalami diskriminasi dari orang kulit putih yang merasa lebih superior (master race).

Pemerintahan Inggris melakukan pelegalan untuk rasialisme terhadap orang berkulit hitam. Pelegalan tindak rasialisme inilah yang disebut politik apartheid. Dalam tindak rasialisme tersebut dilakukan pula pembagian wilayah, golongan kulit putih menguasai pusat industri dan wilayah yang kaya akan tambang intan dan emas, nantinya golongan kulit hitam dipekerjakan disana dalam pabrik dan pertambangan dengan upah yang amat murah, pemukiman pun dibedakan dan dipagari dengan pagara kawat berduri, serta rumah yang mereka tinggali diberikan sewa yang sangat tinggi.

Dengan demikian, keterangan yang tepat mengenai kebijakan pembagian wilayah politik apartheid di Afrika Selatan ialah pilihan jawaban yang d. golongan kulit putih menguasai pusat industri dan tambang.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :