siapakah yang membawa dan menyebarluaskan agama buddha di indonesia menurut para ahli

Berdasarkan bukti arkeologis, diperkirakan agama buddha telah masuk dan berkembang lebih dahulu di indonesia. siapakah yang membawa dan menyebarluaskan agama buddha di indonesia menurut para ahli?

Jawaban

Orang yang berperan dalam membawa dan menyebarluaskan agama Buddha di Indonesia menurut para ahli disebut dengan Dharmadutha.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Berdasarkan bukti arkeologis, diperkirakan agama Buddha telah masuk dan berkembang lebih dahulu di Indonesia, penyebarannya dilakukan oleh Dharmadhuta. Penyebaran ajaran Budha atau Misi Dharmadhuta diambil dari 2 kata, yakni dharma dan dhuta.

Dharma berarti ajaran Buddha dan dhuta berarti pengkotbah. Jadi misi dharmadhuta merupakan pengkotbah ajaran buddha. Tujuan darI misi Dharmaduta adalah memperkokoh dan mempertahankan kelangsungan Ajaran Sang Buddha, agar para pendengar dapat mengikuti dan melaksanakan Dhamma dan Vinaya secara benar, dan dapat melindungi ajaran Buddha dari penyelewengan , sehingga umat menjadi bijaksana.

Pelaksanaan misi Dharmadutha dilakukan dengan cara menyebarkan ajaran Buddha kepada bangsa-bangsa lain, yang salah satunya berada di Indonesia. Masuknya ajaran Buddha ke Indonesia, disebarkan oleh kelompok-kelompok biksu yang masuk ke Indonesia.

Biasanya para biksu mendekati penguasa lokal, seperti para pemimpin suku/raja. Alasannya karena masyarakat Indonesia sangat taat pada pemimpinnya dan ketika pemimpinnya memeluk agama Budha maka masyarakat akan otomatis mengikuti pemimpinnya.

Dengan demikian, orang yang berperan dalam membawa dan menyebarluaskan agama Buddha di Indonesia menurut para ahli disebut dengan Dharmadutha yang terdiri dari para Biksu.

Tranding :  Politik etis atau politik balas budi di cetuskan oleh

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :