salah satu bukti peradaban dari bangsa mesir kuno ialah piramida yang berfungsi untuk

ada banyak peradaban kuno di dunia yang masih memiliki bukti sejarah yang masih ada hingga sekarang, diantaranya mesir. salah satu bukti peradaban dari bangsa mesir kuno ialah piramida yang berfungsi untuk …….

Jawaban

Fungsi piramida di Mesir ialah untuk kuburan para Fir’aun.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Sekitar 2600 SM, peradaban Mesir kuno mengalami masa keemasan, yang ditandai dengan penemuan sistem kalender dan tullisan hieroglif. Para Fir’aun (pemimpin Mesir Kuno) membangun istana kematian berupa piramida raksasa, pembangunan piramida berbentuk limas segiempat adalah tanda bahwa arsitektur dan perhitungan matematika rakyat Mesir sudah terbilang tinggi.

Batu bata yang digunakan untuk membangun piramida Mesir terbuat dari tanah liat dengan campuran daun gandum kering, dan mampu membentuk struktur bangunan yang kuat dan kokoh hingga sekarang.

Piramida paling awal dari bangsa Mesir Kuno adalah piramida bertingkat. Dibangun pada masa Dinasti Ketiga Mesir, arsitek Imhotep mendesain piramida bertingkat itu sebagai makam Firaun Djoser. Piramida tersebut dibangun pada abad ke-27 atau sekitar 2630 SM.

Adapun Piramida Mesir yang paling terkenal yang ditemukan di dataran tinggi di Giza, di pinggiran Kairo, Mesir, yaitu Piramida Agung Khufu yang didirikan pada tahun 2560 SM.

Dengan demikian, fungsi piramida di Mesir ialah untuk kuburan para Fir’aun.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :