pada masa pendudukan jepang seluruh lapisan masyarakat indonesia diberi kesempatan mengenyam pendidikan. tujuan pemerintah jepang menyelenggarakan pendidikan di indonesia adalah

pada masa pendudukan jepang seluruh lapisan masyarakat indonesia diberi kesempatan mengenyam pendidikan. tujuan pemerintah jepang menyelenggarakan pendidikan di indonesia adalah ….

Jawaban

Tujuan pemerintah Jepang menyelenggarakan pendidikan di Indonesia adalah untuk kebutuhan perang, yakni menyediakan pasukan cadangan dalam Perang Asia Pasifik.

Berikut penjelasannya ya.

Pada masa pendudukan Jepang, sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan. Dahulu saat masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda hanya orang-orang dari kalangan atas saja yang dapat menikmati pendidikan, tetapi saat masa pendudukan Jepang semua kalangan dapat mengakses pendidikan.

Meskipun demikian, pendidikan yang difokuskan oleh pemerintah Jepang adalah pendidikan untuk kebutuhan perang, yakni menyediakan pasukan cadangan dalam Perang Asia Pasifik.

Dengan demikian, tujuan pemerintah Jepang menyelenggarakan pendidikan di Indonesia adalah untuk kebutuhan perang, yakni menyediakan pasukan cadangan dalam Perang Asia Pasifik.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :