indonesia sebagai salah satu negara berkembang wajib untuk mengembang-kan teknologi pangan yang mampu menopang kehidupan penduduk

indonesia sebagai salah satu negara berkembang wajib untuk mengembang-kan teknologi pangan yang mampu menopang kehidupan penduduk. hal tersebut dilatarbelakangi oleh ….

Jawaban

Jawaban: pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat.

Untuk lebih jelasnya, yukk pahami penjelasan berikut ini.

Usaha-usaha untuk mengembangkan teknologi pertanian agar produksi pangan dapat meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan pangan penduduk yang semakin meningkat, disebut dengan Revolusi Hijau. Revolusi ini terjadi dilatarbelakangi karena meningkatnya jumlah penduduk tapi tidak dibarengi dengan peningkatan produksi pangan.

Revolusi Hijau pernah diterapkan pada masa Orde Baru dengan tujuan peningkatan produksi padi. Mulai diterapkan pada PELITA I tahun 1969 dengan empat program yakni Intensifikasi Pertanian, Ekstensifikasi Pertanian, Diversifikasi Pertanian, dan Rehabilitasi.

Dengan demikian, usaha mengembangkan teknologi pangan dilatarbelakangi oleh jumlah penduduk tapi tidak dibarengi dengan peningkatan produksi pangan.

Pertanyaan Terkait:

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :