jelaskan latar belakang timbulnya nasionalisme di mesir, dan jelaskan hal-hal apa saja yanh dilakukan mesir dalam rangka melawan penjajah bangsa barat

jelaskan latar belakang timbulnya nasionalisme di mesir, dan jelaskan hal-hal apa saja yanh dilakukan mesir dalam rangka melawan penjajah bangsa barat!

Jawaban

Latar belakang timbulnya nasionalisme di Mesir ialah karena adanya perebutan wilayah Mesir oleh Turki dan bangsa barat Eropa.

Hal-hal yang dilakukan Mesir dalam rangka melawan penjajah bangsa barat ialah membentuk kongres nasional untuk memperjuangkan kemerdekaan Mesir.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pada tahun 1517-1918 Mesir berada di bawah kekuasaan Turki Utsmani. Di tengah pendudukan Turki, pada 1728, Prancis mengekspansi Mesir, namun Turki bergabung dengan Inggris dan berhasil mengusir Prancis. Turki mengangkat Mehmed Ali sebagai gubernur, nantinya anak dari Mehmed Ali, yaitu Saad Pasha membangun Terusan Suez bersama Prancis dan selesai pada masa anak Saad Pasha yaitu Ismail I.

Setelah Terusan Suez dibuka, Mesir semakin terpuruk karena memudahkan bangsa barat untuk menguasai Mesir, yang ditandai dengan menguatnya pengaruh Inggris. Oleh karena itulah muncul kebangkitan nasional di Mesir yang dipimpin oleh golongan terpelajar.

Pada tahun 1907 merupakan awal kebangkitan nasionalisme di Mesir. Tokoh perjuangannya yaitu Mustafa Kamil, dengan membentuk Kongres Nasional. Tujuan perjuanga nasional ini adalah kemerdekaan Mesir. Perjuangan kemerdekaan Mesir semakin meningkat setelah terjadi Perang Dunia I.

Kemerdekaan Mesir antara lain diperjuangkan oleh Saad Zaghlul Pasha dari Partai Wafd. Cita- citanya adalah berusaha mengusir Inggris dari Mesir. Perjuangan itu berakibat Saad Zaghlul ditangkap dan diasingkan. Hal itu menimbulkan terjadinya kerusuhan di Mesir selama tahun 1919-1922. Inggris memberikan kemerdekaan bersyarat kepada Mesir pada tahun 1922.

Dengan demikian, latar belakang timbulnya nasionalisme di Mesir ialah adanya perebutan wilayah Mesir oleh Turki dan bangsa barat Eropa. Sedangkan hal-hal yang dilakukan Mesir dalam rangka melawan penjajah bangsa barat ialah membentuk kongres nasional untuk memperjuangkan kemerdekaan Turki.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :