Salah satu asas peraturan perundang-undangan adalah peraturan perundang-undangan yang baru mengesampingkan.peraturan perundang-undangan yang lama

Salah satu asas peraturan perundang-undangan adalah peraturan perundang-undangan yang baru mengesampingkan.peraturan perundang-undangan yang lama.

Pernyataan yang merupakan contoh dari asas tersebut adalah …

a. UUD NRI Tahun 1945 telah diamandemen dalam empat rangkaian. Dengan demikian, UUD NRI Tahun 1945 sebelum amandemen tidak digunakan lagi seluruhnya.
b. Sengketa dagang yang terjadi antara dua pihak diselesaikan menggunakan KUH Dagang, walaupun KUH Perdata juga mengaturnya.
c. Peraturan pemerintah A harus diuji dengan undang-undang oleh MA karena disinyalir bertentangan dengan ketentuan undang-undang.
d. Kini tata urutan peraturan perundang-undangan yang digunakan adalah tata urutan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011.

Jawaban

Jawabannya adalah D.

Peraturan baru mengesampingkan peraturan lama sering disebut sebagai asas lex priori derogat legi apriori. Ketika ada aturan yang baru, maka aturan lama akan tergantikan. Hal ini terjadi misalnya ketika UU No. 12 Tahun 2011 terbentuk, maka regulasi pembentukan peraturan perundang-undangan yang tercantum dalam UU No. 10 Tahun 2004 menjadi tergantikan.

Jadi, jawabannya D. Kini tata urutan peraturan perundang-undangan yang digunakan adalah tata urutan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :