Tujuan berdirinya organisasi pergerakan nasional Budi Utomo adalah

Tujuan berdirinya organisasi pergerakan nasional Budi Utomo adalah …

A. memajukan perdagangan
B. bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan
C. memberantas kebodohan
D. memajukan agama islam
E. tidak berkecimpung di bidang politik

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah yang B.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang diprakarsai oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo, beliau adalah seorang bangsawan dan juga cendikiawan Jawa yang banyak bergaul dengan rakyat biasa. Dr. Wahidin Sudirohusodo sering berkeliling ke pelosok-pelosok desa dan kampung untuk melihat kondisi rakyat Indonesia di bawah penjajahan.

Saat itu beliau sadar bahwa banyak rayat Indonesia yang cerdas akan tetapi tidak mampu untuk bersekolah. Selanjutnya Dr. Wahidin Sudirohusodo medirikan dana Pelajar (beasiswa sekolah untuk anak pribumi yang kurang mampu) dan meminta dukungan pada bangsawan lain. Ide beliau akhirnya disambut baik oleh Mahasiswa STOVIA, yaitu Dr. Soetomo, Gunawan Mangunkusumo dan Soeradji.

Pada perkembangannya Dr. Wahidin Sudirohusodo bersama mahasiswa STOVIA mendirikan Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Pada awal berdirinya Budi Utomo memiliki tujuan utama, yaitu kemajuan bagi Hindia Belanda dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

Berdirinya Budi Utomo menandai masuknya Indonesia ke masa kebangkitan nasional, karena setelah itu banyak orang yang terinspirasi untuk mendirikan organisasi pergerakan nasional yang serupa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :