Menurut kalian adakah korelasi antara ketersediaan rempah-rempah dengan kedatangan bangsa Barat

Menurut kalian adakah korelasi antara ketersediaan rempah-rempah dengan kedatangan bangsa Barat!

Jawaban

Jawabannya adalah ada korelasinya. Belanda dan Inggris datang ke Indonesia karena mendengar bahwa Indonesia memiliki rempah-rempah yang melimpah.

Bangsa Eropa mulanya membeli rempah-rempah dari Konstantinopel. Konstantinopel merupakan kota pelabuhan yang terdapat di Romawi Timur. Namun setelah jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Usmani, bangsa Eropa kesulitan untuk mengakses rempah-rempah.

Seorang pelaut asal Portugis bernama Alfonso de Alburquerque mengenalkan Indonesia kepada bangsa Eropa pada Abad XVI. Dia mengabarkan bahwa Nusantara adalah negeri yang kaya akan rempah-rempah.

Dari situ kemudian, bangsa Eropa berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah. Belanda datang ke Indonesia pada tahun 1595 dan menjajah selama kurang lebih 350 tahun. Sedangkan Inggris datang ke Indonesia pada tahun 1811 dan menjajah selama kurang lebih 5 tahun.

Jadi, jawabannya adalah ada korelasinya. Belanda dan Inggris datang ke Indonesia karena mendengar bahwa Indonesia memiliki rempah-rempah yang melimpah.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  STOVIA adalah sekolah kedokteran yang dibuat pada masa Hindia Belanda. Pada saat Indonesia merdeka, STOVIA berubah menjadi

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :