Jelaskan latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-16

Jelaskan latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-16!

Jawaban

Mungkin maksudnya adalah latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-18 ya.

Latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-18 adalah setelah terjadi Revolusi Prancis, tokoh diktatornya adalah Napoleon Bonaparte. Negara-negara yang dikuasai Napoleon, bangkit melawan kekuasaan Napoleon sebagai bentuk sikap nasionalisme/paham mencintai tanah air.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Revolus Prancis pada 1789 adalah revolusi yang terjadi di Prancis yang terjadi karena kekuasaan raja yang absolut (kekuasaan mutlak raja dalam hukum, pemerintahan, dan perunang-undangan) yang menimbulkan kesewenagan /ketidakadilan terhadap rakyat.

Dampak dari Revolusi Prancis ialah timbulnya paham baru salah satunya paham nasionalisme (kebangsaan). Setelah terjadi Revolusi Prancis, tokoh diktatornya adalah Napoleon Bonaparte. Negara-negara yang dikuasai Napoleon, bangkit melawan kekuasaan Napoleon sebagai bentuk sikap nasionalisme/paham mencintai tanah air.

Dengan demikian, latar belakang munculnya paham nasionalisme di Eropa pada pertengahan abad ke-18 adalah setelah terjadi Revolusi Prancis, tokoh diktatornya adalah Napoleon Bonaparte. Negara-negara yang dikuasai Napoleon, bangkit melawan kekuasaan Napoleon sebagai bentuk sikap nasionalisme/paham mencintai tanah air.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :