Apa yang dimaksud dengan historiografi sejarah dunia

Apa yang dimaksud dengan historiografi sejarah dunia ?

Jawaban

Hidtoriografi sejarah dunia adalah penulisan sejarah dunia

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.

Historiografi merupakan penulisan sejarah. Berdasarkan periodenya, historiografi terbagi menjadi tiga jenis yaitu historiografi tradisional, historiografi kolonial, dan historiografi modern. historiografi sendiri adalah kajian mengenai metode sejarawan dalam pengembangan sejarah sebagai disiplin akademis, dan secara luas merupakan setiap karya sejarah mengenai topik tertentu. Historiografi tentang topik khusus melingkupi tentang bagaimana sejarawan mengkaji topik tersebut dengan menggunakan sumber, teknik, dan pendekatan teoretis tertentu.

Historiografi berasal dari bahasa Yunani – “Historia”, yang berarti “sejarah” dan “Graphe”, yang berarti “tulisan” atau “naskah”. Menurut Louis Gottschalk, pengertian historiografi tak jauh-jauh dari tulisan mengenai sejarah. Singkatnya, ia menyebut historiografi sebagai bentuk publikasi, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan mengenai peristiwa atau kombinasi peristiwa-peristiwa di masa lampau.

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa Historiografi sejarah dunia adalah penulisan sejarah yang cakupannya adalah dunia atau penulisan sejarah dunia kedalam bentuk buku maupun bentuk yang lainnya. Contoh historografi sejarah dunia adalah Buku Sejarah duni yang disembunyikan dan lain sebagainya

Tranding :  jelaskan faktor pembentuk keunggulan bangsa indonesia