Pemilu I tersebut dianggap sangat demokratis, pada saat itu pemilu bertujuan membentuk lembaga tinggi negara, yaitu

Pemilu I di indonesia berhasil dilaksanakan pada masa kabinet burhanudin harahap pada 29 September dan 15 Desember 1955. Pemilu I tersebut dianggap sangat demokratis, pada saat itu pemilu bertujuan membentuk lembaga tinggi negara, yaitu…

Jawaban

Pemilu 1955 bertujuan membentuk lembaga tinggi negara, yaitu memilih anggota-anggota parlemen (DPR) dan Konstituante.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Pemilihan umum (pemilu) pada tahun 1955 itu adalah pemilu yang pertama di Indonesia. Pemilihan umum di Indonesia pertama kali diselenggarakan pada 29 September 1955, tepatnya pada masa kabinet Burhanuddin Harahap.

Pemilu tahun 1955 itu dilaksanakan dalam rangka memilih anggota-anggota parlemen (DPR) dan Konstituante. Konstituante sendiri adalah lembaga yang memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan perubahan terhadap konstitusi negara. Pemilu pertama ini sangat disambut baik dan antusias oleh rakyat Indonesia dan dilaksanakan dengan cara yang sangat demokrasi.

Pada saat itu, jumlah warga yang memenuhi syarat untuk masuk bilik suara adalah sebesar 43.104.464 jiwa. Berdasarkan jumlah tersebut, sebanyak 87,65% atau sebanyak 37.875.229 jiwa telah menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Dengan demikian, Pemilu 1955 bertujuan membentuk lembaga tinggi negara, yaitu memilih anggota-anggota parlemen (DPR) dan Konstituante.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Historiografi Kolonial Bersifat Belanda Sentris yang Artinya

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :