Pelaksanaaan politik liberal di Indonesia memberikan keuntungan kepada kolonial Belanda dan penderitaan bagi Indonesia, rakyat dipaksa untuk untuk menanam tanaman yang akan dibawa Belanda untuk dijual dinegeri Belanda, pengaruh kebijakan tersebut bagi rakyat Indonesia adalah

Pelaksanaaan politik liberal di Indonesia memberikan keuntungan kepada kolonial Belanda dan penderitaan bagi Indonesia, rakyat dipaksa untuk untuk menanam tanaman yang akan dibawa Belanda untuk dijual dinegeri Belanda, pengaruh kebijakan tersebut bagi rakyat Indonesia adalah…

Jawaban

Pengaruh kebijakan tersebut bagi rakyat Indonesia adalah para petani mengenal jenis tanaman baru.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Setelah sistem tanam paksa resmi dihappus, Belanda menerapkan pelaksanaan sistem politik liberal pada tahun 1870. Sistem ini memberikan keuntungan kepada kolonial Belanda dan penderitaan bagi rakyat Indonesia, rakyat dipaksa untuk menanam tanaman yang akan dibawa Belanda untuk dijual di negeri Belanda.

Pada masa tersebut para pemodal swasta dari Belanda/Eropa banyak mendirikan perkebunan-perkebunan, seperti kebun kopi, gula, nila dan teh, baik di Jawa atau di luar Jawa. Sekilas sistem ini mirip dengan sistem tanam paksa, bedanya tanah rakyat disewa oleh swasta pemilik modal, untuk didirikan perkebunan, dan rakyat bekerja menjadi buruh tani atau pabrik.

Pengaruh kebijakan tersebut bagi rakyat Indonesia tidak selalunya merugikan, karena para petani dapat mengenal jenis tanaman baru yang laku di pasaran, petani jadi belajar cara-cara dalam pertanian dan bercocok tanam dan mengenal sistem alat tukar dengan uang dan perhitungan timbangan barang.

Dengan demikian, pengaruh kebijakan tersebut bagi rakyat Indonesia adalah para petani mengenal jenis tanaman baru.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Apa Hasil dari Perang Jagaraga?

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :