Jelaskan hubungan paham-paham di dunia, dengan lanirnya Kemerdekaan Indonesia

Jelaskan hubungan paham-paham di dunia, dengan lanirnya Kemerdekaan Indonesia !

Jawaban

Faham-faham yang tersebar di dunia antara lain liberalisme, sosialisme, pan islamisme, nasionalisme, dan demokrasi. Faham-faham berkaitan dengan ideologi nasionalisme di asia, afrika dan kesadaran bangsa Indonesia. Hubungan faham tersebut yakni memberikan pandangan baru bagi negara-negara yang belum merdeka untuk segera membebaskan diri dari belenggu penjajah.

Pembahasan
Adapun pengertian dari paham-paham yang tersebar di dunia yakni:

  1.  Liberalisme ialah paham atau ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang berdasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.
  2. Sosialisme yakni pahgam yang berdasarkan pada rasa perhatian, simpati dan empati antar individu kepada individu lainnya tanpa memandang status.
  3. Pan Islamisme sebagai suatu paham lahir yang memiliki visi untuk menyatukan umat Islam sedunia.
  4. Paham nasionalisme ialah perasaan cinta terhadap bangsa dan tanah air dengan berdasarkan kesamaan tempat tinggal, suku bangsa, bahasa untuk membentuk satu kesatuan yang utuh.
  5. Demokrasi ialah paham mengenai pemerintahan rakyat. Paham demokrasi menjelaskan mengeai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Untuk pertama kalinya paham demokrasi lahir di negara Yunani.
Tranding :  Bangunan kebudayaan batu besar yang berbentuk meja untuk meletakan sesaji dalam rangka memuja roh-roh nenek moyang disebut