Badan konstituante bertugas menyusun UUD, tetapi mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh

Badan konstituante bertugas menyusun UUD, tetapi mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan oleh…

a. negara dalam tidak aman
b. negara dalam masa peralihan
c. kurangnya kesepakatan tiap partai
d. masing-masing partai mempertahankan pendapatnya

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah yang d. masing-masing partai mempertahankan pendapatnya

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Penetapan UUD berada pada Dewan Konstituante yang dipilih dalam pemilu 1955. Oleh karena itu, Presiden Soekarno menyampaikan usulan dalam sidang Konstituante pada 22 April 1959. Dalam pertemuan tersebut Presiden Soekarno meminta Konstituante menetapkan kembali UUD 1945 sebagai konstitusi negara karena gagal menyusun UUD baru.

Pada 3 ·Juni 1959 sidang Dewan konstituante memasuki masa reses. Pada masa reses tersebut beberapa fraksi dalam Dewan Konstituante menyatakan tidak akan menghadiri sidang kecuali untuk pembubaran Konstituante.

Hal ini disebabkan ole karena mereka berlatar belakang ideologi yang berbeda-beda, sehingga masing-masing partai mempertahankan pendapatnya. Kondisi ini menyebabkan situasi politik menjadi semakin genting.

Konflik politik antarpartai semakin panas dan melibatkan masyarakat. Situasi semakin rumit ketika terjadi beberapa aksi pemberontakan di berbagai daerah yang mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Situasi yang tidak menentu menyebabkan A.H. Nasution mengeluarkan PEPERPU/040/1959 yang berisi larangan kegiatan politik, termasuk aktivitas anggota Konstituante.

Pada awal Juli 1959 Presiden Soekarno melakukan pertemuan dengan ketua DPR Sartono, Perdana Menteri Djuanda Kartawidjaja, Roeslan Abdulgani, dan Muh. Yamin. Pertemuan tersebut menyepakati pemberlakuan kembali UUD 1945 sebagai konstitusi negara tanpa persetujuan Badan Konstituante. Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan Pidato Dekret Presiden 5 Juli 1959 yang mengakhiri masa Demokrasi Parlementer.

Tranding :  Pengaruh Organisasi Budi Utomo Terhadap Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah d. masing-masing partai mempertahankan pendapatnya.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :