Sistem pluralitas sudah diterapkan oleh masyarakat Tarumanegara pendapat tersebut dibuktikan dengan

Sistem pluralitas sudah diterapkan oleh masyarakat Tarumanegara pendapat tersebut dibuktikan dengan…

Jawaban

Sistem pluralitas sudah diterapkan oleh masyarakat Tarumanegara pendapat tersebut dibuktikan dengan hidup damainya masyarakat Tarumanegara yang terdiri dari 3 penganut agama yang berbeda-beda, yaitu Hindu sebagai agama mayoritas (utama), Buddha dan animisme.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan berkonsep Hindu dengan aliran Wisnu. Ketuhanan yang dibawa oleh umat Hindu. Didirikan sebagai perwujudan penyebaran agama Hindu, dimana semua aspek kehidupan dan pemerintahan selalu berhubungan dengan konsep ajaran Hindu.

Hindu menjadi agama utama dalam Kerajaan Tarumanegara, namun terdapat golongan lain seperti umat Budha dan penganut kepercayaan nenek moyang yaitu animisme. Namun,walaupun penganut Buddha dan animisme adalah minoritas, tetapi raja-raja di Kerajaan Tarumanegara memperlakukan mereka dengan hak yang sama, karena Tarumanegara menganut sistem pluralitas.

Hal tersebut dibuktikan dalam catatan berjudul “Fa Kao Co”, yang menyebutkan bahwa semua di Tarumanegara terdapat tiga agama dalam satu pemerintahan yang hidup rukun serta sejahtera. Walalupun Hindu menempati tempat utama, masyarakat beragama Budha tetap merasa nyaman aman hidup di sekitar mereka.

Toleransi yang dijunjung tinggi dalam kehidupan beragama oleh masyarakat berhasil memberikan kedamaian.

Dengan demikian, sistem pluralitas sudah diterapkan oleh masyarakat Tarumanegara pendapat tersebut dibuktikan dengan hidup damainya masyarakat Tarumanegara yang terdiri dari 3 penganut agama yang berbeda-beda, yaitu Hindu sebagai agama mayoritas (utama), Buddha dan animisme.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :