Pada masa agresi militer belanda II drs. moh. hatta ditangkap oleh belanda lalu diasingkan ke pulau bangka. beliau selalu tampil dalam perundingan dalam menyelesaikan pengakuan kedaulatan ri. hal tersebut menunjukkan beliau memiliki peran yang besar dalam hal

Pada masa agresi militer belanda II drs. moh. hatta ditangkap oleh belanda lalu diasingkan ke pulau bangka. beliau selalu tampil dalam perundingan dalam menyelesaikan pengakuan kedaulatan ri. hal tersebut menunjukkan beliau memiliki peran yang besar dalam hal ….

Jawaban

Jawabannya adalah mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada masa Agresi Militer Belanda II, Drs. Moh. Hatta memiliki peran untuk mempertahankan kemerdekaan RI. Drs. Moh. Hatta dan Ir. Soekarno banyak sekali mengorbankan diri mereka demi kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu beliau sangat berpengaruh terhadap masa kemerdekaan sewaktu masa penjajahan.

Agresi Militer Belanda II merupakan serangan kedua yang dilancarkan Belanda. Peristiwa ini terjadi karena adanya pelanggaran Perjanjian Renville. Pada masa Agresi Militer Belanda II, Drs. Moh. Hatta memiliki peran untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Namun tidak hanya itu saja, peran Drs. Moh. Hatta memiliki peran lain untuk kemerdekaan RI yaitu :

1. Mohammad Hatta memiliki beberapa peranan didalam melakukan pertahanan dari kemerdekaan, yaitu : Melakukan pementukan Perhimpunan Indonesia.
2. Drs. Mohammad Hatta Mendampingi Ir. Soekarno pada waktu pembacaan teks proklamasi dan ikut menandatangani teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bersama Ir. Soekarno.
3. Peran Drs. Mohammad Hatta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan yaitu bersama Ir. Soekarno menandatangani naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, Drs. Moh. Hatta memiliki peran yang besar dalam hal mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pertanyaan Terkait:

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :