kedatangan bangsa-bangsa barat pada abad xiv di kepulauan indonesia turut menumbuhkan benih-benih integrasi bangsa indonesia. mengapa demikian

Secara tidak langsung, kedatangan bangsa-bangsa barat pada abad xiv di kepulauan indonesia turut menumbuhkan benih-benih integrasi bangsa indonesia. mengapa demikian?

Jawaban

Jawabannya adalah karena daerah Nusantara yang terdiri dari berbagai kerajaan dapat bersatu memperjuangkan kemerdekaan serta rakyat Indonesia dapat belajar dan mendalami ilmu sehingga hal tersebut mendorong integrasi bangsa.

Dampak positif kedatangan bangsa barat pada abad XIV adalah rakyat Indonesia dapat belajar dan mendalami ilmu. Ada anyak pengetahuan yang di peroleh rakyat Indonesia salah satunya sistem bertani, sistem persenjataan, jenis tanaman komoditas ekspor, dan sebagainya.

Hal ini mendorong rakyat untuk mengubah cara mereka agar lebih cepat dan efisien dengan pengetahuan yang mereka peroleh. Sehingga tercipta lah integrasi bangsa Indonesia. Selain itu daerah Nusantara yang terdiri dari berbagai kerajaan dapat bersatu memperjuangkan kemerdekaan sejak dijajah oleh bangsa barat.

Jadi secara tidak langsung kedatangan bangsa barat pada abad XIV menumbuhkan benih integrasi karena daerah Nusantara yang terdiri dari berbagai kerajaan dapat bersatu memperjuangkan kemerdekaan serta rakyat Indonesia dapat belajar dan mendalami ilmu sehingga hal tersebut mendorong integrasi bangsa.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :