voc dapat menjalankan kekuasaan kolonialnya di indonesia, bertindak seperti sebuah pemerintahan. hal ini disebabkan oleh

Dalam teori kolonialisme imperialisme kuno, sebagai sebuah kongsi (persekutuan) dagang voc dapat menjalankan kekuasaan kolonialnya di indonesia, bertindak seperti sebuah pemerintahan. hal ini disebabkan oleh ….

Jawaban

Hal tersebut dikarenakan VOC memiliki kewenangan – kewenangan dan hak – hak istimewa yang dapat diterapkan sehingga disebut juga sebagai “negara dalam negara”.

Pembahasan

VOC atau merupakan perserikatan dagang yang didirikan oleh Belanda pada 22 Maret 1602. Pendirian VOC ditetapkan atau Badan Pemerintah Tertinggi berupa beberapa hak dan kekuasaan kepada kompeni untuk memperkuat tujuannya, yaitu berniaga.

VOC disebut sebagai “negara dalam negara” karena memiliki hak istimewa dan kewenangan yang dapat dengan mudah dilakukan. Hak – hak tersebut adalah:

1. Hak monopoli berniaga.
2. Hak membuat perjanjian dengan raja – raja di Hindia.
3. Hak untuk membentuk angkatan perang.
4. Hak untuk melaksanakan kehakiman dan peradilan.
5. Hak untuk mencetak dan mengeluarkan mata uang sendiri.

Akibat adanya hak – hak istimewa tersebut memperkuat kedudukan VOC di Indonesia.

Dengan demikian, VOC memiliki kewenangan – kewenangan dan hak – hak istimewa yang dapat diterapkan sehingga disebut juga sebagai “negara dalam negara”.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :