Apa yang membedakan kehidupan masyarakat pra islam dan islam pada masa kerajaan islam

Apa yang membedakan kehidupan masyarakat pra islam dan islam pada masa kerajaan islam ?

Jawaban

Perbedaan kehidupan masyarakat pra Islam dengan setelah Islam dapat dilihat berdasarkan:

1. Sistem Pemerintahan
2. Sistem Sosial
3. Sistem Ekonomi
4. Sistem Kebudayaan

Pembahasan

Kehidupan masyarakat nusantara sebelum Islam masuk adalah menganut agama Hindu-Buddha. Kemudian setelah ajaran Islam mulai tersebar, terdapat beberapa perubahan dalam kehidupan masyarakat yaitu:

1. Sistem Pemerintahan. Pada masa Hindu-Buddha kerajaan dipimpin oleh Raja. Pada masa Islam, kerajaan dibuat menjadi sebuah kesultanan yang dipimpin oleh seorang Sultan.

2. Sistem Sosial. Sebelum Islam masuk, kebanyakan masyarakat penganut Hindu-Buddha menganut sistem kasta. Selain itu, masyarakat mulai menggunakan nama-nama berbau Islam seperti Muhammad, Ali, Ibrahim.

3. Sistem Ekonomi. Pada masa Islam perekonomian bergantung pada perdagangan. Komoditas yang dijual saat itu terdiri dari rempah-rempah, perhiasan, ataupun keramik. Sedangkan pada masa sebelumnya, masyarakat hanya bertani dan bercocok tanam.

4. Sistem Kebudayaan. Pada masa perkembangan Islam di nusantara, terjadi kemajuan dari segi budaya. Ditemukannya naskah-naskah Islam ataupun sastra-sastra Islam yang bisa menjadi salah satu sumber sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Selain itu, muncul banyak bangunan keraton/istana yang dijadikan sebagai tempat tinggal bagi sultan bersama sanak keluarganya.

Dengan demikian, perbedaan kehidupan masyarakat pra Islam dan masa Islam telah dipaparkan di atas.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Latar belakang terjadinya pertempuran Surabaya

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :