Berdasarkan penelitian secara geologis bahwa kepulauan Indonesia terbentuk pada masa

Berdasarkan penelitian secara geologis bahwa kepulauan Indonesia terbentuk pada masa…

a. glasial wurm
b. glasial guna
c. interglacial
d. kambium

Jawaban

Jawabannya adalah C. Interglacial.

Kondisi alam Indonesia saat ini sangatlah berbeda dengan kondisi pada masa ribuan tahun yang lalu. Kombinasi tenaga endogen dan eksogen membangun kepulauan Indonesia dari masa ke masa.

Kondisi alam di Indonesia, kecuali Indonesia bagian timur, baru terjadi ketika memasuki masa Pleistosen ketika berlangsungnya zaman es atau yang dikenal glasial. Zaman es (glasial) adalah zaman ketika es di kutub sering meluas yang mengakibatkan daratan di Bumi mencapai wilayah yang paling luas.

Glasial terjadi karena adanya suhu Bumi yang tidak tetap. Suhu yang turun secara tiba-tiba membawa akibat permukaan es meluas sehingga bagian barat Indonesia menyatu dengan Asia, sedangkan Indonesia bagian timur menyatu dengan Australia.

Akan tetapi, jika suhu naik, es akan mencair yang mengakibatkan daratan penghubung tenggelam dan terbentuk Paparan Sahul dan Paparan Sunda. Perubahan geografis inilah yang dapat memengaruhi perkembangan flora dan fauna di Indonesia.

Menurut beberapa ahli, masa ini terjadi berulang-kali dengan diselingi masa-masa yang lebih hangat yang dimaksud periode interglasial. Pada zaman es atau zaman glasial air laut membeku sehingga menyebabkan permukaan air laut turun hingga mencapai 100 meter. Selain itu, garis pantai juga menjorok ke laut dan kemungkinan banyak sekali pulau yang menyatu pada zaman glasial.

Pengertian zaman interglasial adalah masa diantara dua zaman es. Pada periode ini temperatur suhu udara naik hingga menyebabkan lapisan es di kutub dan di gunung mencair. Hal ini mengakibatkan permukaan air laut naik dan terjadinya banjir besar di banyak tempat.

Hal ini membuat banyak daratan terpisah-pisah oleh lautan dan selat. Zaman Interglasial disebut juga kala Holosen, yakni kala dalam skala waktu geologi yang terjadi pada kurang lebih 10.000 tahun yang lalu.

Jadi secara geologis bahwa kepulauan Indonesia terbentuk pada masa C. Interglacial.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :