Prasasti Canggal yang bertahun 732 M ditemukan pada sebuah bangunan lingga yoni di gunung Wukir. prasasti tersebut berhuruf pallawa dengan bahasa sanskerta. Isi prasasti tersebut adalah

Prasasti Canggal yang bertahun 732 M ditemukan pada sebuah bangunan lingga yoni di gunung Wukir. prasasti tersebut berhuruf pallawa dengan bahasa sanskerta. Isi prasasti tersebut adalah…

Jawaban

Jawaban yang benar adalah Prasasti Canggal berisi tentang silsilah raja yang berkuasa sebelum raja Sanjaya dan pujian terhadap dewa Trimurti.

Pembahasan

Prasasti Canggal merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno, ditemukan di desa Canggal, Salam, Magelang. Prasasti ini menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sansekerta dengan angka tahun 654 saka atau Sruti Indrya rasa.

Dari segi isinya, prasasti Canggal mengisahkan raja-raja pendahulu dari Raja Sanjaya yakni Sanna dan Sannaha. Selain itu, prasasti ini berisi puji-pujian terhadap dewa Siwa, Brahmana, da Wisnu. Prasasti Canggal dibuat untuk memperingati pendirian lingga dia atas bukit Srhirangga, sebagai rasa sukur raja Sanjaya telah membangun kembali kerajaan dengan damai.

Jadi, Jawaban yang benar adalah Prasasti Canggal berisi tentang silsilah raja yang berkuasa sebelum raja Sanjaya dan pujian terhadap dewa Trimurti.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :