Di lingkungan masyarakat terdapat suatu organisasi sosial yang memberikan pegangan kepada anggota masyarakat. Oleh karena itu

Di lingkungan masyarakat terdapat suatu organisasi sosial yang memberikan pegangan kepada anggota masyarakat. Oleh karena itu, organisasi sosial memiliki arti penting bagi kehidupan masyarakat. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Jawaban

Jawabannya adalah lembaga sosial sebagai bentuk pranata sosial, institusi sosial hadir dalam kehidupan masyarakat untuk memberikan pegangan hidup agar terciptanya keselarasan. Kemudian, lembaga sosial juga hadir sebagai lembaga yang membantu memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Yuk, simak penjelasannya!

Lembaga sosial adalah pranata sosial yang hadir dalam kehidupan masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Seperti lembaga ekonomi, lembaga pendidikan, dan sebagainya.

Lembaga sosial memiliki fungsi, di antaranya:

  1. Lembaga sosial berfungsi untuk memberikan pedoman pada anggota masyarakat tentang bagaimana setiap individu harus bersikap dalam menghadapi masalah yang muncul dan berkembang di lingkungan masyarakat.
  2. Lembaga sosial berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat yang saling berhubungan atau bersangkutan.
  3. Lembaga sosial berfungsi untuk memberikan arahan kepada masyarakat untuk dapat mengadakan sistem pengendalian sosial seperti sistem pengawasan masyarakat kepada anggotanya.

Nah, berdasarkan soal dan penjelasan di atas, maka maksud dari pernyataan di atas adalah, lembaga sosial sebagai bentuk pranata sosial, institusi sosial hadir dalam kehidupan masyarakat untuk memberikan pegangan hidup agar terciptanya keselarasan. Kemudian, lembaga sosial juga hadir sebagai lembaga yang membantu memenuhi kebutuhan hidup manusia.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :