terjadi ketika orang-orang belanda dibantu oleh serombongan pasukan sekutu mengibarkan bendera belanda di puncak hotel. dimanakah insiden bendera ini terjadi

Pada tanggal 19 september 1945 terjadi insiden bendera, terjadi ketika orang-orang belanda dibantu oleh serombongan pasukan sekutu mengibarkan bendera belanda di puncak hotel. dimanakah insiden bendera ini terjadi….

Jawaban

Insiden perobekan bendera Belanda tersebut terjadi di Hotel Yamato, Surabaya.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Setelah Indonesia melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan dan lalu pemerintah mengeluarkan maklumat pemerintahan Soekarno pada tanggal 31 Agustus 1945 yang menetapkan bahwa mulai 1 September 1945 bendera nasional Sang Merah Putih dikibarkan terus di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya dilakukan oleh rakyat Surabaya.

Di berbagai tempat yang strategis dan tempat-tempat lainnya bendera Indonesia dikibarkan. Barisan pemuda dari segala penjuru Surabaya membawa bendera Indonesia datang ke Tambaksari (lapangan Stadion Gelora 10 November) untuk menghadiri rapat raksasa yang diselenggarakan oleh Barisan Pemuda Surabaya.

Saat rapat tersebut lapangan Tambaksari penuh lambaian bendera merah putih disertai pekik ‘Merdeka’ yang diteriakkan massa. Pihak Kempeitai (Jepang) telah melarang diadakannya rapat tersebut, namun tidak dapat menghentikan dan membubarkan massa rakyat Surabaya yang saat itu sangat semangat.

Puncak dari gerakan ini ialah terjadi pada insiden perobekan warna biru pada bendera Belanda di Hotel Yamato (sekarang bernama Hotel Majapahit) di Jl. Tunjungan no. 65 Surabaya. Insiden perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato membuat Belanda marah besar. Hal ini membuat terjadinya berbagai konflik mulai bulan Oktober 1945 sampai puncaknya pada 10 November 1945 di Surabaya.

Dengan demikian, insiden perobekan bendera Belanda tersebut terjadi di Hotel Yamato, Surabaya.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :