Belanda sudah terusir dari indonesia ketika jepang datang. bahkan negeri belanda berhasil dikuasai jerman ketika perang dunia 2 meletus

Belanda sudah terusir dari indonesia ketika jepang datang. bahkan negeri belanda berhasil dikuasai jerman ketika perang dunia 2 meletus. namun demikian belanda masih ingin menguasai indonesia pasca perang dunia 2 berakhir mengapa demikian ?

Jawaban

Alasan kenapa Belanda ingin menguasai Indonesia setelah Perang Dunia II berakhir adalah ingin menjajah kembali Indonesia dan menguasai sumber daya alam yang ada.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Perang Dunia II adalah perang antara Blok Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Prancis) dan Blok Poros (Jerman, Jepang dan Italia). Pada tahun 1942, ketika Jepang menyerang pihak Sekutu Amerika Serikat di Pearl Harbor, Jepang berusaha menguasai wilayah Asia Tenggara salah satunya Indonesia yang saat itu sedang di duduki Belanda, lalu Jepang berhasil merebut Indonesia dari Belanda pada 08 Maret 1942 yang ditandai dengan perjanjian Kapitulasi Kalijati. Sebelumnya ketika Perang Dunia II meletus, Belanda sempat berhasil dikuasai Jerman.

Perang Dunia II berakhir pada 1945 ditandai dengan kekalahan Jepang oleh Sekutu Amerika Serikat yang melakukan serangan balasan pada Jepang, dan dengan serangan itu, Jepang menyerah pada Sekutu. Bersamaan degan itu Sekutu berhasil mengalahkan Blok Poros di seluruh medan pertempuran dan Perang Dunia II berakhir dengan kemenangan Sekutu.

Wilayah Indonesia yang merupakan jajahan Jepang menjadi wilayah bagi Sekutu yang menang dalam perang. Sayangnya ketika Jepang memberi status quo pada Indonesia, Indonesia melakukan proklamasi kemerdekaan.

Setelah Indonesia merdeka Sekutu datang dengan alasan melucuti pasukan Jepang, namun ternyata pasukan Sekutu AFNEI, disusul dengan pasukan NICA Belanda yang ternyata ingin merebut kembali wilayah Indonesia.

Alasan kenapa Belanda ingin menguasai Indonesia setelah Perang Dunia II berakhir adalah Jepang sudah dikalahkan, Belanda ingin mengembalikan kekuasaannya di Indonesia dengan menjajah kembali Indonesia dan menguasai sumber daya alam yang ada.

Dengan demikian, alasan kenapa Belanda ingin menguasai Indonesia setelah Perang Dunia II berakhir adalah ingin menjajah kembali Indonesia dan menguasai sumber daya alam yang ada.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :