Setelah kerajaan malaka memeluk islam apa yang dilakukan kerajaan tersebut untuk menjadi pusat studi islam

Setelah kerajaan malaka memeluk islam apa yang dilakukan kerajaan tersebut untuk menjadi pusat studi islam ?

Jawaban

Jawaban yang benar adalah dengan menjadikan Malaka sebagai tempat singgahnya pedagang dari seluruh penjuru dunia.

Malaka merupakan kerajaan yang berada di Semenanjung Malaya dan berdiri sejak abad ke-15. Awalnya Malaka merupakan kerajaan yang bercorak hindu-budha yang berasal dari kerajaan Majapahit. Puncak kejayaan Malaka dimulai ketika kerajaan mulai memeluk islam dan dipimpin oleh Sultan Iskandar Syah.

Pada saat itu, kerajaan terus berkembang hingga ke wilayah Semenanjung Malaya dan menjadi lokasi jalur perdagangan internasional yang strategis. Pada masa pemerintahan Sultan Mansyur Syah, kerajaan Malaka bukan hanya menjadi pusat perdagangan dunia, namun juga sebagai pusat studi agama islam terbesar di Asia Tenggara.

Upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menjadikan Malaka sebagai lokasi transit atau singgahnya pedagang dari berbagai negara untuk kemudian dikenalkan tentang agama dan budaya islam.

Maka, dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan untuk menjadi pusat studi islam adalah dengan menjadikan Malaka sebagai tempat singgah pedagang dari seluruh penjuru dunia untuk belajar islam.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Jelaskan Tujuan Penulisan Kronik oleh Para Musafir dan Pendeta

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :