Berikan alasan mengapa negara portugis dan belanda sangat berambisi untuk menguasai dan menghancurkan kerajaan kerajaan islam terutama kerajaan malaka

Berikan alasan mengapa negara portugis dan belanda sangat berambisi untuk menguasai dan menghancurkan kerajaan kerajaan islam terutama kerajaan malaka !

Jawaban

Alasan Portugis dan Belanda sangat berambisi menghancurkan Kerajaan Malaka adalah karena:

1. Letak wilayah yang strategis.
2. Perdagangan yang ramai.
3. Sumber rempah – rempah yang melimpah.
4. Adanya semangat reconquesta.

Pembahasan

Pada tahun 1511 Kerajaan Malaka berhasil ditaklukan Portugis. Penaklukan kerajaan ini diawali oleh penjajahan yang dilakukan bangsa Barat. Faktor – faktor yang menyebabkan Kerajaan Malaka dihancurkan oleh Portugis adalah:

1. Letak wilayah strategis.
Malaka merupakan salah satu wilayah nusantara yang sangat strategis dalam pelayaran dan perdagangan sehingga membuat bangsa Eropa berambisi untuk menguasainya.

2. Perdagangan yang ramai.
Oleh karena wilayah yang strategis membuat wilayah Malaka memiliki perdagangan yang ramai. Hal tersebut membuat bangsa Eropa berniat untuk mencari keuntungan yang banyak .

3. Sumber rempah – rempah.
Malaka dan wilayah nusantara secara keseluruhan merupakan penghasil rempah – rempah dimana bahan tersebut menjadi bahan yang sangat diinginkan bangsa Eropa.

4. Adanya semangat reconquesta.
Pada abad ke-15 M – 16 M di Eropa muncul semangat reconquesta, yaitu semangat untuk mengalahkan dominasi Islam dalam peradaban dunia. Sehingga dengan semangat tersebut, bangsa Eropa yang mayoritas beragama Kristen berusaha mengalahkan kerajaan-kerajaan Islam dalam berbagai hal di berbagai wilayah.

Dengan demikian, alasan bangsa Eropa menghancurkan Kerajaan Malaka adalah karena letak yang strategis, perdagangan yang ramai, sumber rempah – rempah, dan adanya semangat reconquesta.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :