Jelaskan tentang voc dan perannya dalam penjajahan di nusantara

Jelaskan tentang voc dan perannya dalam penjajahan di nusantara !

Jawaban

Jawabannya adalah VOC merupakan kongsi dagang untuk Hindia-Timur yang perannya untuk menghindari persaingan tidak sehat antara sesama pedagang Belanda, memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa lainnya, dan membantu dana pemerintah Belanda.

Kongsi Perdagangan Hindia-Timur (Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC) yang dibangun pada tanggal 20 Maret 1602 merupakan persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk perdagangan di Asia. Beberapa peran VOC yaitu :

1. Untuk menghindari persaingan tidak sehat antara sesama pedagang Belanda sehingga keuntungan maksimal dapat diperoleh.
2. Untuk memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa-bangsa Eropa lainnya maupun dengan bangsa-bangsa Asia.
3. Untuk membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spanyol yang masih menduduki Belanda.

Jadi VOC merupakan kongsi dagang untuk Hindia-Timur yang perannya untuk menghindari persaingan tidak sehat antara sesama pedagang Belanda, memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa lainnya, dan membantu dana pemerintah Belanda.

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  Bagaimana Cetakan yang Digunakan dalam Cetakan Injeksi Didinginkan

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :