Nilai-nilai karakter apa yang dapat disimpulkan terhadap kehidupan kesultanan islam di jawa dan era masuknya imperialisme dan kolonialisme di jawa

Nilai-nilai karakter apa yang dapat disimpulkan terhadap kehidupan kesultanan islam di jawa dan era masuknya imperialisme dan kolonialisme di jawa?

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Jawa adalah dapat mengetahui sejarah perkembangan Islam di wilayah Jawa, lebih menghargai tentang nilai-nilai agama Islam, lebih mengenali kekayaan akulturasi di Indonesia, dan kita bisa meniru keberanian leluhur kita dalam menyebarkan Islam.’

Soal menanyakan dari keempat opsi jawaban tersebut manakah yang bukan termasuk latar belakang masuknya bangsa Barat di Indonesia.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Kerajaan-kerajan Islam sebagai pusat kekuasaan di Jawa sangat jelas berpengaruh dalam proses Islamisasi dan pendidikan Islam di Jawa, yaitu sebagai suatu wdah atau lembaga yang dapat mempermudah penyebaran Islam di Indonesia.

Ketika kekuasaaan politik Islam semakin kokoh dengan munculnya kerajan-kerajaan Islam, pendidikan semakin memperoleh perhatian, karena kekuataan poltik di gabungkan dngan semangat para mubaligh (pengajar agama) untuk mengajarkan Islam merupakan cara mempercepat tersebarnya Islam di wilayah Jawa.

Nilai-nilai karakter dari perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Jawa adalah adanya Nasionalisme, yaitu rasa cinta raja dan rakyat terhadap kerajaan atau kesultananya. Dibuktikan dengan masa-masa keemasan atau kejayaan kerajaan yang merupakan hasil dari kerjasama antara raja dan rakyatnya.

Dan adanya Patriotisme, yaitu rasa rela berkorban raja dan rakyatnya untuk kerajaannya. Dibuktikan dengan perlawanan-perlawanan yang dilakukan untuk menghadapai penjajahan dari Belanda (VOC). Nilai-nilai karakter yang dapat diperoleh setelah belajar perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Jawa adalah sebagai berikut:

1. Dapat mengetahui sejarah perkembangan Islam di Jawa.
2. Lebih menghargai tentang nilai-nilai agama Islam, serta para penganut agama muslim di Jawa.
3. Lebih mengenali kekayaan akulturasi di Indonesia.
4. Kita bisa meniru keberanian leluhur kita dalam menyebarkan Islam.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :