salah satu cara yang digunakan oleh belanda untuk memaksa kerajaan–kerajaan di indonesia agar menandatangani kontrak monopoli adalah politik adu domba atau yang dikenal dengan sebutan

salah satu cara yang digunakan oleh belanda untuk memaksa kerajaan–kerajaan di indonesia agar menandatangani kontrak monopoli adalah politik adu domba atau yang dikenal dengan sebutan. . .

Jawaban

Jawaban yang benar adalah ‘Devide et impera’.

Soal menanyakan nama lain dari politik adu domba yang digunakan Belanda.

Jawabannya dapat ditemukan dengan penjelasan berikut:

Politik devide et impera atau politik adu domba merupakan sebuah strategi yang dilakukan oleh Belanda yang bertujuan mendapatkan dan menjaga kekuasaan dengan cara memecah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil yang lebih mudah ditaklukkan. Belanda beranggapan bahwa masyarakat Indonesia dapat dikalahkan salah satunya adalah dengan cara memecah belah masyarakatnya.

Salah satu contoh politik devide et impera berhasil diterapkan oleh Belanda adalah ketika Belanda dapat mengalahkan Kesultanan Banten dimana ada konflik antara Sultan Ageng Tirtayasa dengan putranya yaitu Sultan Haji.

Dengan demikian alasan Belanda menggunakan strategi devide et impera adalah untuk mendapatkan dan menjaga kekuasaannya di Indonesia dengan cara memecah belah kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Contoh lainnya yaitu Belanda menggunakan politik devide et impera untuk memaksa kerajaan–kerajaan di indonesia agar menandatangani kontrak monopoli adalah politik adu domba

Jadi jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah ‘Devide et impera’.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :