Teori yang menyebutkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia adalah teori

Teori yang menyebutkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia adalah teori…

A. Brahmana
B. Waisya
C. Ksatria
D. Arus balik

Jawaban

Jawaban yang benar adalah D. Arus balik

Pembahasan

Ada lima teori dari para ahli yang mendasari masuknya Hindu Buddha di Indonesia, yaitu :

1. Teori Brahmana. Teori yang dicetuskan Jc. Van Leur ini menjabarkan bahwa penyebaran agama Hindu Buddha ke Indonesia dibawa oleh kaum brahmana. Sejumlah kepala suku tertarik dengan ajaran agama Hindu Buddha, sehingga mereka mengundang para Brahmana dari India. Kaum tersebut akhirnya mengajarkan agama Hindu Buddha kepada masyarakat Tanah Air.

2. Teori Ksatria. Menurut teori Ksatria dari F.D.K. Bosch, penyebaran agama Hindu Buddha berawal dari orang-orang India yang berkasta ksatria atau prajurit. Kolonisasi antar orang-orang India dan Indonesia menyebabkan terbentuknya daerah persekutuan yang menjadi tempat terjadinya penyebaran Hindu Buddha. Di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa kolonisasi yang terjadi disertai dengan penaklukan melalui perang.

3. Teori Waisya. Teori Waisya yang dikemukakan NJ. Krom menjelaskan bahwa agama Hindu Buddha masuk ke Tanah Air karena orang-orang India berkasta waisya atau pedagang. Mereka menetap di Indonesia dan menyebarkan kebudayaan India lewat hubungan dengan penguasa Nusantara. Beberapa di antara mereka juga menikah dengan penduduk asli Indonesia.

4. Teori Sudra. Teori sudra dicetuskan oleh van Faber. Menurut teori ini, agama dan kebudayaan Hindu Buddha dibawa oleh golongan sudra atau budak yang datang ke Tanah Air. Mereka mulai menetap di Nusantara dan berasimilasi dengan penduduk pribumi. Ini membuat beberapa penduduk asli meninggalkan animisme serta dinamisme dan beralih pada agama Hindu Buddha.

5. Teori Arus Balik. Teori arus balik dari Van Leur menyatakan bahwa orang-orang Indonesia sendiri memiliki andil dalam penyebaran Hindu Buddha. Di mana para pedagang Indonesia yang berlayar ke India mengambil ajaran Hindu untuk diajarkan di Tanah Air.

Jadi, Jawaban yang benar adalah D. Arus balik

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :