Masa kehidupan berburu dan meramu serta hidup nomaden berlagsung bersamaan dengan

Masa kehidupan berburu dan meramu serta hidup nomaden berlagsung bersamaan dengan …

A. Zaman Nelothikum
B. Zaman Mesolthikum
C. Kala Plestosien
D. Kala Holosen

Jawaban

Jawaban yang benar adalah C. Kala Pleistosen

Pembahasan

Manusia purba menjalani pola kehidupan nomaden sejak zaman Pra-aksara, lebih tepatnya pada masa berburu dan menumpulkan makanan. Masa ini dilalui oleh manusia purba untuk bertahan hidup dengan mengumpulkan makanan yang diburu dari alam. Masa berburu dan mengumpulkan makanan ini terjadi pada masa Paleolithikum, masa Paleolithikum ini berbarengan dengan kala Pleistosen.

Masyarakat pada masa ini memiliki pola kehidupan yang selalu berpindah-pindah tempat alias nomaden. Pola kehidupan masyarakat yang berpindah ini terjadi karena mereka harus mengumpulkan makanan untuk bertahan hidup. Sehingga, mereka harus mengikuti hewan buruan ataupun musim tanaman.

Dikarenakan hidupnya yang berpindah-pindah, mereka belum memiliki tempat tinggal. Manusia pada masa itu umumnya hidup di gua-gua ataupun daerah bantaran sungai. Dengan demikian, masa berburu dan kehidupan berpindah pindah merupakan masa awal kehidupn manusia, dimana mereka hidup dengan sangat sederhana dan masa ini terjadi pada zaman Palaeolithikum yang berbarengan dengan kala Pleistosen

Jadi, Jawaban yang benar adalah C. Kala Pleistosen

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :