Manifesto politik menjadi salah satu doktrin pada masa demokrasi terpimpin. Manifesto politik republik indonesia adalah

Manifesto politik menjadi salah satu doktrin pada masa demokrasi terpimpin. Manifesto politik republik indonesia adalah ….

Jawaban

Manifesto Politik adalah penjelasan resmi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1945, berisi semacam pertanggungjawaban Presiden sebagai Panglima tertinggi

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut ini.

Dekrit 5 Juli 1945 dianggap sebagai jembatan Politik Liberal menuju Demokrasi Terpimpin. Di masa ini, Presiden Soekarno mengungkapkan bahwa Revolusi Indonesia memiliki lima gagasan penting, yakni Undang-Undang Dasar 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia.

Kelima gagasan tersebut kemudian disingkat USDEK yang selanjutnya dikaitkan dengan manifesto politik.

Manifesto Politik adalah penjelasan resmi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1945, berisi semacam pertanggungjawaban Presiden sebagai Panglima tertinggi yang langsung ditunjukkan kepada rakyat mengenai apa yang beliau lakukan. Inti sari Manipol inilah disebut sebagai USDEK sehingga muncul Manipol-USDEK, kemudian dijadikan sebagai ideologi dan haluan negara.

Dengan demikian, Manifesto Politik adalah penjelasan resmi dari Dekrit Presiden 5 Juli 1945, berisi semacam pertanggungjawaban Presiden sebagai Panglima tertinggi

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :