karakteristik kesultanan demak

karakteristik kesultanan demak

Jawaban

Kesultanan bercorak Islam pertama di Jawa yang didirikan oleh Raden Patah dan menjadi pusat agama Islam di Jawa

Untuk lebih jelasnya yuk, pahami penjelasan berikut ini

Kesultanan Demak muncu di wiayah Jawa pada abad ke 15, seiring dengan keruntuhan Kerajaan Majapahit. Dengan bantuan daerah-daerah lainnya di Jawa yang sudah terpengaruh Islam, Raden Patah berhasil merobohkan Kerajaan Majapahit dan memindahkan semua benda upacara Kerajaan Majapahit dan pusakanya ke Demak.

Hal ini dipergunakan untuk memberikan legalisasi kepada Kerajaan Demak sebagai kelanjutan Kerajaan Majapahit dalam bentuk Islam. Demak menjadi Kerajaan Islam dan penguasa di Jawa, Sunan Ampel menobatkan Raden Patah menjadi Sultan pertama dari Demak dengan gelar Sultan Alam Akbar al-Fatah.

Dalam perkembangannya, Kerajaan Demak tumbuh menjadi pusat perdagangan dan peradaban agama islam di Jawa serta perlahan meruntuhkan pengaruh Hindu-Buddha di masyarakat dari masa Kerajaan Majapahit.

Dengan demikian, karakteristik kesultanan Demak adalah kerajaan bercorak Islam pertama di Jawa yang didirikan Raden Patah dan menjadi pusat agama Islam di Jawa

 

Pertanyaan Lain :

Tranding :  indonesia sebagai salah satu negara berkembang wajib untuk mengembang-kan teknologi pangan yang mampu menopang kehidupan penduduk

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :