apa apa pengaruh perkembangan pendidikan peran kaum terpelajar dan pers terhadap tumbuh dan berkembang nya nasionalisme di indonesia

apa apa pengaruh perkembangan pendidikan peran kaum terpelajar dan pers terhadap tumbuh dan berkembang nya nasionalisme di indonesia?

Jawaban

Jawaban yang tepat adalah pengaruh perkembangan pendidikan kaum terpelajar yaitu menciptakan kecintaan terhadap negeri, menciptakan lulusan baik dan unggul dalam berbagai bidang, serta mampu membela negara dengan upaya bela negara. Sedangkan pengaruh perkembangan pendidikan pada pers yaitu menyebarkan berita terkait kekayaan negeri Indonesia.

Perkembangan pendidikan di Indonesia mengalami beberapa perubahan setiap ganti masa pemerintahan, yang dimulai dari sistem pendidikan. Saat ini perkembangan pendidikan di Indonesia sudah cukup maju mulai dari sarana, prasarana, sistem pembelajaran, dan lainnya.

Perkembangan pendidikan dapat mempengaruhi siswa siswi dalam hal bertindak dan berpikir, serta menciptakan lulusan dengan kualitas kemampuan yang mumpuni sebagai SDM (sumber daya manusia). Seorang pelajar akan memiliki sikap kecintaan terhadap negeri sendiri apabila di tanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Perkembangan pendidikan juga diliput oleh pihak pers, sebagai bahan kajian ulang apakah sistem pendidikan yang diterapkan sudah efektif. Selain itu pers juga meliput berita terkait tumbuh dan berkembangnya masyarakat yang memiliki jiwa nasionalisme terhadap bangsa.

Pers yang meliput nasionalisme masyarakat Indonesia, kemudian disebarkan melalui media masa cetak atau online dapat memberikan dampak positif, sepeti pengenalan budaya dan norma negara Indonesia, serta penanaman jiwa nasionalisme kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Jadi, pengaruh perkembangan pendidikan kaum terpelajar yaitu menciptakan kecintaan terhadap negeri, menciptakan lulusan baik dan unggul dalam berbagai bidang, serta mampu membela negara dengan upaya bela negara. Sedangkan pengaruh perkembangan pendidikan pada pers yaitu menyebarkan berita terkait kekayaan negeri Indonesia.

 

Pertanyaan Lain :

Kumpulan Materi :

Informasi Kuliah dan Beasiswa :